Senin, 02 September 2013

Marketing (Pemasaran)

A. Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Stanton (2001) : "Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial ." 


Philip Kotler (1997:8) : "Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain ."


J. Stanton (1993:7) : “ Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.

B. Pengertian Pemasaran
Jika dilihat dari definisi para ahli mengenai pemasaran,pemasaran itu sendiri merupakan kegiatan mempromosikan atau mengenalkan produk oleh perusahaan kepada konsumen yang bertujuan menarik konsumen sebanyak mungkin agar produk yang dipasarkan dapat dikenal orang banyak dan dapat menghasilkan keuntungan dari produk yang dipasarkan tersebut.

C. Fungsi Pemasaran
1. Pemasaran sebagai media untuk tukar menukar uang dengan produk yang dipasarkan guna memenuhi kebutuhan atau untuk dijual kembali.
2. Pemasaran sebagai distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Pemasaran sebagai perantara untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.

D. Konsep Pemasaran
1. Perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.

E. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan dimana strategi tersebutlah yang merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

F. Tujuan Pemasaran
Pemasaran memiliki tujuan yaitu :
  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Sumber :

http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/

http://sintagiyaridanggraeni.blogspot.com/2012/10/marketing-pemasaran.html

http://fauzijonhar4.blogspot.com/2012/12/pengertian-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar